Perhitungan Zakat dengan program KAZAGA 2.0.1

Perhitungan zakat yang digunakan oleh Kazaga adalah dengan mengalikan persentase zakat dengan sisa pendapatan bersih (jumlah pendapatan bersih (gaji+pendapatan bersih lainnya) dikurangi total pengeluaran kebutuhan dasar dan total hutang).

Persentase zakat pada umumnya adalah 2.5%, namun anda dapat merubahnya sesuai keadaan anda. Sedangkan untuk menentukan kewajiban zakat, Kazaga membandingkan sisa pendapatan bersih dengan nilai nisab.

Nisab adalah sebuah nilai untuk menentukan apakah pendapatan seseorang (dalam hal ini sisa pendapatan bersih) wajib dikenakan zakat. Apabila sisa gaji bersih kurang dari nilai nisab maka tidak diwajibkan untuk membayar zakat, namun apabila menyamai atau melebihi nilai nisab maka diwajibkan untuk membayar zakat.

Nilai nisab diperoleh dengan mengalikan harga pasar emas murni yang berlaku di hari pembayaran zakat dengan berat minimum emas murni. Ada berbagai macam pendapat mengenai berat minimum emas murni yang digunakan, namun Kazaga menggunakan berat 94 gram sebagai batas minimum berat emas murni. Dalam perhitungannya nanti anda dapat merubah berat minimum tersebut sesuai dengan paham yang anda ikuti.

Walaupun Kazaga dapat membantu perhitungan zakat anda, namun anda tetap disarankan untuk mengkonsultasikan zakat anda kepada dewan zakat terdekat, kalau misalnya anda berada di wilayah Sragen, bisa menanyakan langsung kepada BAZSRAGEN melalui situs ini. Ini ditujukan untuk menghindari kesalahan dan keragu-raguan yang mungkin timbul. (Yots)

Download program kazaga201

Scroll to Top