Bantuan BAZ untuk Pemberdayaan Ekonomi Produktif

Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sragen kembali menyalurkan dana zakat yang dihimpun dari masyarakat. Penyaluran dana zakat kali ini ditujukan untuk pemberdayaan kegiatan ekonomi produktif. Penyaluran dana zakat secara simbolis dilakukan di kantor BAZ Kab. Sragen kompleks Masjid Bazis Pilangsari, Ngrampal, Sragen, Sabtu (10/11).

Salah seorang perwakilan Divisi Pendayagunaan BAZ Sragen, Drs. H. Sutarno, MM menjelaskan bantuan yang diberikan yaitu gerobak bakso beserta uang untuk membeli perlengkapan kepada 20 orang dari 20 kecamatan di Sragen, gerobak hik dan modal awal kepada 10 orang dari 10 kecamatan serta mesin jahit dan biaya mengikuti pelatihan menjahit kepada 10 orang dari 10 kecamatan.

”Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan warga,” jelas Beliau saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan, Sabtu. Pemberian bantuan modal usaha dari dana zakat itu diharapkan dapat memberikan sarana usaha agar mampu bekerja mandiri, memberikan bekal keterampilan menjahit bagi generasi muslim dan sebagai media dakwah Islam melalui bidang ekonomi.

”Jika sekarang panjenengan [penerima bantuan] menjadi mustahik, semoga nanti menjadi muzaki,” kata Beliau.

Wakil Ketua II BAZ Sragen, dr. H. Untung Mardikanto, MMR, menerangkan nilai bantuan yang diberikan Rp80 juta. Rinciannya Rp40 juta untuk bantuan gerobak bakso dan pembelian peralatan, Rp20 juta untuk gerobak hik dan modal awal serta Rp20 juta untuk pemberian mesin jahit dan biaya pelatihan.

”Bantuan gerobak hik secara simbolis sudah diserahkan ke penerima bantuan beberapa waktu lalu,” jelas Beliau. Ia berharap bantuan dapat membangkitkan motivasi berwirausaha.

Saat memberikan pengarahan, Drs. H. Sutarno, MM meminta para penerima bantuan menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar zakat.

”Kalau zakat lancar, usaha lancar. Kalau tidak mau zakat, biasanya tambah melarat,” kata Beliau. Beliau juga meminta penerima bantuan menjadi orang yang selalu bersyukur dan bersabar menghadapi kondisi apa pun serta giat beribadah menjalankan semua perintah Allah  SWT.

Sumber : admin BAZ dan Solopos 14 November 2012

Scroll to Top