MAHASISWA PPL FEBI PELAJARI MANAJEMEN OPERASIONAL KELEMBAGAAN PADA BAZNAS TERBAIK JAWA TENGAH

Mahasiswa PPL FEBI Pelajari Manajemen Operasional Kelembagaan pada BAZNAS Terbaik Jawa Tengah
EBI News| Kelompok PPL(Praktik Pengalaman Lapangan) IAIN SURAKARTA yang beranggotakan Annisa Nabila Nurlaili dan Khofifah Indria Pambudi telah resmi menyelesaikan kegiatan PPL Partisipatif selama kurang lebih satu bulan, kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2020 hingga 21 Januari 2021. Lokasi PPL di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sragen yang beralamat di Jl. Raya Timur Km. 4 kompleks Masjid Kebayanan Jetis, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. PPL kali ini langsung dibimbing oleh Asep Maulana Rohimat, M.S.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Sragen merupakan salah satu lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri serta bertanggung jawab terhadap Presiden melalui mentri agama. Banyak program menarik dari Baznas Sragen demi menyalurkan dan memaksimalkan distribusi dana zakat, infaq, dan sedekah  mulai dari beasiswa pendidikan, pelatihan mustahik, bantuan usaha, bantuan paket sembako, bantuan bencana dan masih banyak lagi. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sragen telah meraih berbagai penghargaan salah satunya juara 1 BAZNAS Jateng Award 2019 kategori operasional kelembagaan terbaik Se Jawa Tengah dan nominasi pengelolaan SIMBA(Sistem Informasi BAZNAS) tidak hanya itu Baznas Sragen juga kembali meraih sertifikat ISO 9001:2015 pada 7 Agustus 2020 oleh Worldwide Quality Assurance (WQA).
Dalam acara pelepasan dan penutupan tersebut, turut serta dihadiri oleh ibu Dewi Purwaningsih, S.E selaku kepala pelaksana serta amil dari bagian pengumpulan, pendayagunaan, umum, sumber daya manusia, distribusi, keuangan dan pelaporan BAZNAS Kab.Sragen. Pada kesempatan tersebut diawali dengan penyampaian pendapat dari masing masing mahasiswa PPL untuk memberikan kritik dan saran  kedepannya untuk BAZNAS Kab. Sragen. Kemudian dilanjutkan dengan ucapan terimakasih dan permohonan maaf dari mahasiswa PPL sekaligus penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa kepada Baznas Sragen, dan ditutup dengan sesi foto bersama. Dalam acara penutupan tersebut ibu Dewi Purwaningsih selaku kepala pelaksana dan pendamping mahasiswa PPL, mengucapkan “ terimakasih terhadap mahasiswa FEBI IAIN Surakarta yang telah memilih untuk bergabung dengan Baznas Sragen, yang dimana ikut membantu operasional Baznas” serta beliau juga memberikan wejangan dan do’a untuk mahasiswa PPL.
Red: Annisa
https://febi.iain-surakarta.ac.id/2021/02/mahasiswa-ppl-febi-pelajari-manajemen-operasional-kelembagaan-pada-baznas-terbaik-jawa-tengah/