Kegiatan Khitan Massal Gratis BAZNAS Kab. Sragen

WhatsApp Image 2019-07-09 at 08.11.09 (1) WhatsApp Image 2019-07-09 at 08.11.41WhatsApp Image 2019-07-09 at 08.11.08WhatsApp Image 2019-07-09 at 08.11.09

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pada tanggal 8 Juli 2019 hari senin pukul 08.00 WIB bertempat di Griya Sehat dan Perpustakaan Islami BAZNAS Sragen menyelenggarakan kegiatan khitan massal gratis.

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen BAZNAS Kab. Sragen dalam Syiar Islam, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa khitan menurut mayoritas ulama adalah wajib untuk laki-laki demi menjaga kesucian ibadah dan kesehatan jasmani.

Fenomena di masyarakat terkadang masih banyak keluarga yang kurang mampu belum sanggup berkhitan karena biaya, untuk itu BAZNAS Kab. Sragen hadir dalam membantu mereka melaksanakan kewajiban berkhitan melalui kegiatan khitan massal gratis.

Kegiatan ini diikuti oleh 93 orang anak dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sragen yang terbagi dalam 2 kategori yaitu peserta mandiri sejumlah 23 orang anak dan peserta non mandiri sejumlah 70 orang anak.. Peserta non mandiri merupakan peserta dari keluarga kurang mampu yang mendapat fasilitas berupa : antar jemput, baju koko, sarung, peci, obat pasca khitan, uang saku sebesar Rp. 100.000,- untuk anak dan Rp. 25.000,-untuk perawatan pasca khitan. Sedangkan peserta mandiri tidak mendapat fasilitas tersebut hanya mendapat obat pasca khitan karena bukan dari keluarga kurang mampu.

Tim medis dari kegiatan khitan masal gratis ini merupakan tim medis profesional yang terdiri dari 5 orang TIM medis RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen, 2 orang TIM medis dari puskesmas Ngrampal, 2 orang TIM medis Rumah Sehat BAZNAS RI.

Kegiatan Khitan masal gratis ini menggunakan dana infaq sebesar Rp. 37.635.000,- dari pos infaq.

Kegiatan dimulai dari pengisian daftar hadir dan informed concent oleh peserta khitan serta pembagian fasilitas kemudian peserta khitan menuju masjid BAZIS Ukhuwah Islamiyah yang letaknya masih 1 (satu) komplek dengan griya sehat yang menjadi lokasi kegiatan khitan masal gratis ini untuk doa bersama agar acara berjalan dengan lancar tanpa halangan sesuatu apapun. Setelah doa bersama, peserta khitan mulai dipanggil satu persatu untuk menuju ruang pemeriksaan dan ruang tindakan sesuai dengan urutan daftar hadir.

Kami sampaikan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan khitan masal gratis ini, termasuk kepada para muzzaki BAZNAS Kabupaten Sragen semoga kegiatan ini membawa kemaslahatan untuk kita dan menjadi jalinan tali persaudaran dan kasih sayang aamiin aamiin aamiin.

 

-Tim Humas BAZNAS Kab. Sragen-

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Scroll to Top