AUDIT INTERNAL ISO 9001: 2015 DAN PENGUKUHAN AMIL BAZNAS KABUPATEN SRAGEN

DSC_8646  DSC_8633DSC_8651d DSC_8656

Pada hari Jumat tanggal 03 Mei 2019 bertempat di Kantor BAZNAS Jl Raya Timur Km 4 Pilangsari Sragen, BAZNAS Kabupaten Sragen melaksanakan closing meeting audit ISO 9001 : 2015 sekaligus pengukuhan Amil BAZNAS Kabupaten Sragen masa bakti tahun 2019-2021.

Kegiatan audit internal ISO 9001 : 2015 BAZNAS Kabupaten Sragen ini dimulai dari tanggal 29 April 2019 sampai dengan 03 Mei 2019, dalam kegiatan ini masing-masing bidang melakukan audit silang (bidang pengumpul mengaudit bidang pendistribusian, bidang pendistribusian mengaudit bagian administrasi SDM dan Umum, bagian Administrasi SDM dan Umum mengaudit bidang perencanaan Keuangan dan Pelaporan, bidang perencanaan Keuangan dan Pelaporan mengaudit Satuan Audit Internal, Satuan Audit Internal mengaudit bidang Pengumpulan) hal ini bertujuan untuk melihat kesesuaian antara kondisi aktual dan apa yang tertulis dalam dokumen manual mutu, kondisi aktual itu bisa berupa record atau catatan mutu ataupun observasi dengan melihat tata cara seseorang dalam melakukan tugas/ pekerjaannya apakah sesuai dengan yang tertulis dalam Prosedur/ Instruksi Kerja.Audit Juga bertujuan untuk melihat potensi improvement (effektifitas & Effisiensi) dari suatu proses.

Audit juga bisa dijadikan sarana pembelajaran baik bagi auditor maupun auditee sendiri, karena mereka bisa mempelajari proses dari bagian lain, dan sekaligus bisa menularkan pengetahuannya ke bagian yang di audit. Tujuan utama dari audit ini adalah sebagai alat untuk memonitor implementasi sistem manajemen yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Sragen apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau masih perlu ditingkatkan lagi, sekaligus memetakan mana bidang dan bagian yang sudah baik implementasi dan performancenya dan mana bidang/bagian yang belum begitu bagus, sehingga langkah-langkah perbaikan bisa diambil segera. Sebelum melakukan audit Internal, BAZNAS Kabupaten Sragen telah mengikuti mengikuti pelatihan (In house Training Awareness & Internal Audit) pada tanggal 13 sampai 15 Maret 2019 oleh Badan Sertifikasi Worldwide Quality Assurance (WQA) yaitu Badan Sertifikasi Internasional yang menyediakan sertifikasi untuk berbagai sistem manajemen mutu diantaranya ISO 9001: 2015.

Laporan Hasil Audit Internal akan dikirim kepada WQA selaku eksternal auditor untuk dilakukan verifikasi lapangan pada bulan Juli 2019. Semoga tahapan demi tahapan dalam meraih sertifikat ISO 9001: 2015 yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Sragen berjalan lancer tanpa hambatan apapun.

Pembaca yang dirahmati ALLAH, dalam kesempatan ini kami sampaikan bersamaan dengan agenda closing meeting audit internal tanggal 03 Mei 2019 BAZNAS Kabupaten Sragen juga melaksanakan pengukuhan Amil BAZNAS Kabupaten Sragen yang dihadiri oleh seluruh amil. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Sragen, Drs.H. Mahmudi, MAg.

Harapan Kami dengan adanya pengukuhan amil BAZNAS Kabupaten Sragen sesuai dengan Struktur Organisasi dan Tata Kelola yang berdasar pada PERBAZNAS RI No 24 tahun 2014 akan memujudkan pengelolaan zakat yang lebih baik aamiin aamiin aamiin.

Scroll to Top