Baznas Kabupaten Sragen Juara 1 Tingkat Nasional Zakat Award 2015

20151122234406Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sragen meraih Juara I Zakat Award Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Anugerah Zakat Award ini untuk petama kalinya diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam).
Ada dua kategori penghargaan, yaitu Manajemen Kelembagaan dan Pengelolaan Zakat, di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. BAZNAS Sragen meraih Zakat Awards untuk kategori Pengelolaan Zakat Tingkat Kabupaten/Kota. Zakat Awards ini diikuti 66 peserta, terdiri atas 33 provinsi dan 33 kabupaten/kota yang telah diseleksi dengan ketat dan obyektif meliputi unsur profil dan portofolio, obervasi lapangan, paparan dan wawancara.
Anugerah Zakat Award diberikan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada para pemenang yang juga sekaligus menutup rangkaian kegiatan tersebut (Kamis, 19 November 2015). Dalam sambutannya, Menag berharap, akan ada penilaian juga kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ). Menag yakin, BAZNAS dan LAZ mampu berperan aktif dalam pengentasan kemiskinan di Republik ini. Menurutnya, pengelolaan zakat harus terintegrasi dalam satu sistem, diaudit secara syari’ah oleh Kemenag dan audit keuangan oleh akuntan Publik, sehingga kepercayaan masyarakat terjaga.
12219427_675428529160272_1960371981121633349_n Selain memperoleh trophi dan piagam, BAZNAS Sragen juga mendapat penghargaan berupa uang pembinaan sebesar 25 juta.

Ada 5 program yang semoga bermanfaat bagi BAZNAS lainnya di Indonesia :
1. Integrasi Data Mustahiq berbasis IT dengan UPTPK (Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan) Pemda Sragen.
2.  Pengelolaan berdasar SOP
3. Pendampingan penerima zakat produktif melalui KJKS Lembaga Ekonomi Syariah BAZ (LESBAZ).
4.  Audit Syariah dan Audit Keuangan.
5.  Gerakan zakat yang didukung oleh seluruh Ormas Islam dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Sragen. Dengan LAZ dituangkan dalam bentuk MoU.

Alhamdulillah, hasil yang dicapai BAZNAS Sragen merupakan berkah dan rahmat Allah SWT dan tidak lepas dari dukungan serta doa dari berbagai pihak. Kami ucapkan Terima kasih  atas kerjasama yang baik.