PENTASHARUFAN ZAKAT UNTUK KYAI, USTADZ, SANTRI DAN PENJAGA MASJID

Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sragen kembali melakukan pentasharufan dana zakat hasil pengumpulan periode April 2011 – Maret 2012. Kemarin Rabu (23/01) dana diberikan kepada Kyai/pengasuh/ustadz ponpes/panti asuhan, ustadz TPQ/Madin, santri serta penjaga masjid. Kegiatan yang dilakukan di Masjid BAZIS Ukhuwah Islamiyah Pilangsari, Ngrampal, tersebut antara lain dihadiri oleh Ketua BAZ Kabupaten Sragen H. Daryanto, SH, plt Sekda Sragen Ir. Endang Handayani, MM, dr. Farid Anshori, Ketua MUI Sragen KH Minanul Aziz, M.Ag, serta segenap pengurus BAZ Kab Sragen baik dari Dewan Pertimbangan, Komisi Pengawas maupun Badan Pelaksana.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan program BAZ Kabupaten Sragen”, ujar Kepala Divisi Pendistribusian BAZ Kabupaten Sragen H.Agus Suryo Suripto, S.Ag, M.H dalam laporannya. Selain itu juga sebagai suatu bentuk apresiasi kepada penjaga masjid, santri dan kyai/ ustadz/ pengasuh ponpes, taman pendidikan al-Quran dan Madrasah Diniyah atas khidmahnya kepada masyarakat.

Lebih lanjut Bapak Agus Suryo Suripto mengungkapkan total dana yang ditasharufkan pada hari ini senilai Rp. 155.850.000,00 untuk 806 orang penerima/ mustahiq. Dengan rincian 215 orang kyai yang menerima masing masing RP 300.000,-, 215 orang ustadz yang menerima masing – masing Rp 250.000,-, 300 santri masing masing Rp.100.000,- serta 76 orang penjaga masjid yang juga menerima masing – masing Rp 100.000,-.

Sementara itu H. Daryanto, SH dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian pentasharufan dana BAZ periode 2012-2013. Kegiatan lain yang sudah dilakukan antara lain pemberian beasiswa bagi mahasiswa dan siswa kurangmampu, dana bantun bagi renovasi tempat ibadah serta bantuan untuk pengembangan ekonomi produktif.

Bagi seluruh mustahiq yang hadir pada acara tersebut H. Daryanto, SH berpesan agar jangan melihat dari nilai nominal yang mereka terima. Beliau berharap dana tersebut bisa menjadi rejeki yang bermanfaat. Sedangkan kepada seluruh masyarakat pemberi zakat, semoga apa yang telah diberikan dapat menjadi amal ibadah baginya.

Sebelum pembagian zakat pada acara tersebut  KH. dr Agus Budiharto, M.Ag memberikan ceramah yang menyampaikan tentang motivasi zakat agar para kyai/ustad mengajak dan menyampaikan pesan berzakat kepada masyarakat disekitarnya.

Sumber : admin BAZ dan Humas Pemkab Sragen