Bantuan Kepada Siswa SBBS untuk Mengikuti Lomba di Belanda

Pada hari Selasa (22/05) dilaksanakan penyerahan bantuan BAZ Kab. Sragen kepada Lesna Christwinarso dan Faishal Majid (siswa SMAN Sragen Bilingual Boarding School) yang akan mewakili Indonesia untuk mengikuti kompetisi INESPO (Internasional Environment Scientific Olympiad) di Utrecht, Belanda besok tanggal 9-15 Juni 2012 . Bantuan yang diberikan oleh BAZ berupa biaya untuk akomodasi sebesar Rp. 1.860.000,-.

Saat menerima bantuan Lesna yang datang sendiri ke kantor BAZ tampak gembira, sedangkan Faishal tidak bisa ikut ke Kantor BAZ karena masih ada kegiatan di Semarang. Kompetisi yang mereka ikuti ini masuk dalam bidang biologi dengan projek  “Pengawetan Buah-buahan

tropis dengan aliran listrik DC dan aloe vera (lidah buaya)”. Sebelumnya kedua siswa yang masih duduk di kelas XI ini mengikuti lomba yang diselenggarakan ISPO di Jakarta (22-24 Februari) dan  mereka mendapatkan medali perak sehingga selanjutnya mereka dapat mewakili Indonesia untuk mempresentasikan karyanya dalam lomba tingkat Internasional.

Lesna mengaku mendapatkan ide untuk melakukan pengawetan buah secara alami adalah karena banyaknya buah-buahan yang diawetkan menggunakan bahan yang tidak aman untuk tubuh.  Sehingga mereka mencari solusi bahan yang aman untuk pengawet dan mereka  menemukan Aloe vera (Lidah buaya) yang mengandung antibakteri yang berfungsi membunuh bakteri pembusuk pada buah. Dibutuhkan waktu 2 bulan untuk meneliti penemuan mereka. Menurut percobaan buah yang diawetkan dengan menggunakan aliran listrik DC dan lidah buaya dapat awet sampai 3 minggu.

Ada 4 tim dari Indonesia yang akan berangkat ke Belanda. Walaupun nanti akan banyak pesaing dari seluruh dunia Lesna tetap optimis dan berharap agar timnya bisa membawa pulang medali emas dan tidak mengecewakan bagi orang-orang yang telah membantu proyek tersebut serta dapat membawa nama harum Sragen dan bangsa Indonesia.

zp8497586rq
Scroll to Top