Ratusan Dai, Khotib dan Mubaligh Ikuti Orientasi

SRAGEN – Ratusan Dai, Khotib dan Mubaligh di Kabupaten Sragen berkumpul di Ruang Sukowati Komplek Sekretarisat daerah Sragen Sabtu (09/04). Mereka berkumpul untuk mengikuti kegiatan orientasi bagi dai, khotib dan mubaligh yang diselenggarakan dalam rangka pentasharufan dana Badan Amil Zakat (BAZ) tahun 2010. Acara dibuka oleh Bendahara BAZ H. Sumarsono dengan menghadirkan nara sumber Drs. H. Muhammad Dian Nafi’.
Ka Divisi Pendistribusian BAZ Sragen Agus Suryo Suripto, S.Ag, M.Hum dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 200 orang. Jumlah tersebut merupakan perwakilan dari 20 kecamatan se Kabupaten Sragen. Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari seluruh kegiatan pentasharufan BAZ tahun 2010. Dimana BAZ Sragen pada tahun ini mendistribusikan dana sebesar Rp.1.130.000.000,00 bagi masyarakat Sragen.
Dana sebanyak itu ber

asal dari pengumpulan dana yang ditempuh dengan dua jalur. Jalur yang pertama adalah jalur fungsional dimana dana dikumpulkan dari PNS, TNI, POLRI, Karyawan BUMD, Perusda dll dengan menyalurkan 2,5 % gaji yang diterima perbulan langsung sesuai nishab. Dana tersebut dikumpulkanoleh bendahara gaji kemudian disetorkan ke rekening BAZ Kabupaten Sragen.
Jalur yang kedua adalah dengan jalur teritorial, dimana dana dari masyarakat umat islam yang tidak masuk dalam jalur fungsional. Dana tersebut dapat langsung disalurkan lewat Amil dengan menyetorkan langsung ke BAZ.
Lebih lanjut Agus mengatakan program pentasharufan yang dilakukan BAZ Sragen meliputi beberapa kelompok. Antara lain bagi kelompok asnaf fakir dan miskin, gharimin, riqab, sabilillah, serta ibnu sabil.
Dalam sambutannya H.Sumarsono, SE, MM mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan ini. Karena yang berkumpul di ruangan ini merupakan corong dari umat Islam. Sehingga diharapkan para Dai bisa membawa suasana kondusif serta kerukunan dalam masyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta dan dapat disebarkan pada lingkungannnya. (dyn)

zp8497586rq
Scroll to Top