KANTOR BARU TINGKATKAN KINERJA BAZ


Bagi sebuah organisasi pelayanan publik seperti badan amil zakat, keberadaan kantor sangat penting. Karena beberapa fungsi organisasi, mulai dari perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan kegiatan, kontrol dan pengawasan, dapat optimal dilaksanakan. Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sragen pun demikian. Sebagai badan amil zakat yang memiliki jaringan 148 unit pengumpul zakat (dan akan terus bertambah), program pengumpulan, pentasharufan dan pengembangan pengelolaan zakat, membutuhkan kantor yang representatif untuk menjalankan fungsi – fungsi organisasi di atas.

Setelah menunggu 20 tahun sejak BAZ Kabupaten Sragen  mulai terbentuk tahun 1991, mulai tahun 2010, dimulailah pembangunan gedung BAZ Kab. Sragen di kompleks Masjid Bazis Ukhuwah Islamiyah yang merupakan aset BAZ Kab. Sragen.

Dana yang digunakan untuk membangun gedung BAZ ini berasal dari alokasi 25 % infaq, yang dihimpun secara bertahap

, sedikit demi sedik

it. Dengan telah selesainya pembangunan gedung tersebut, pada tanggal 27 Desember 2011 diresmikan penggunaannya oleh Ketua BAZNAS, Prof. DR. KH. Didin Hafidhudin, MSC, disaksikan oleh Bupati Sragen, Jajaran Forum Pimpinan Daerah, Pengurus BAZ, MUI, Jajaran Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kementerian Agama, UPZ dan mitra kerja BAZ, serta segenap tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Sragen.

Dengan telah tersedianya sarana kantor yang representatif, harapannya adalah kinerja BAZ Kab. Sragen dalam mengelola zakat infaq dan shadaqah dari masyarakat dan mendayagunakannya bagi kesejahteraan masyarakat Sragen dapat lebih meningkat.

Dalam pengembangan program, saat ini, di komplek Masjid Bazis Ukhuwah Islamiyah telah berdiri unit pendidikan dengan menyelenggarakan Playgroup dan TKIU BAZSRA, serta unit ekonomi syariah melalui KJKS Lesbaz. Kedepan akan segera dikembangkan unit kesehatan melalui Poliklinik Gratis bagi Dhu’afa.

Hal diatas dapat dilaksanakan tidak lepas dari dukungan segenap para dermawan, muzakki, munfiq, segenap UPZ dan mitra kerja. Semoga kerja sama ini dapat terus terbina sehingga semakin banyak mustahiq yang merasakan kebahagiaan beragama.

zp8497586rq
zp8497586rq

Komentar ditutup.

Scroll to Top